Wednesday, August 27, 2014

"Hanayamata" dan Tarian Yosakoi

 
Paatto paatto hareyaka ni
Sakasemashou hana no you ni~

Kalian pernah dengar penggalan lirik lagu di atas?
Ya, kalian semua benar. Lirik di atas adalah penggalan dari lagu "Hana wa Odore ya Irohaniho" yang dinyanyikan oleh Team "Hanayamata". Lagu ini adalah opening theme atau OP dari anime musim ini, Hanayamata.

Hanayamata menceritakan seorang gadis berumur 14 tahun yang hidup dengan segalanya normal. Keseharian yang normal, kemampuan yang normal, penampilan yang normal. Naru Sekiya namanya.
Dia sangat mengagumi "Pahlawan" dari sebuah dongeng yang sering dia baca. Naru selalu berharap ada peri yang akan membawanya ke dunia di mana dia bisa bersinar.
Suatu malam, kehidupan normal Naru berubah ketika ia bertemu dengan seorang gadis asing bernama Hana N. Fontainestand. Hana menari dan membawa Naru menuju sebuah dunia tarian yosakoi yang mengagumkan.
Bagaimana kelanjutannya? Silakan kalian tonton sendiri kelanjutannya.

Nah, pada anime Hanayamata ini, ada sebuah tarian yang menjadi tema dari anime ini. Apa itu?
Tarian yosakoi namanya.
Yosakoi adalah sebuah tarian yang unik dari Jepang, tepatnya dari daerah Kochi.
Yang membuat tarian Yosakoi unik adalah para penari menggunakana/membunyikan sebuah alat, yaitu naruko, saat mereka menari.
 Seperti ini lah bentuk naruko yang digunakan oleh para penari yosakoi. Bentuk dan corak dari naruko banyak macamnya, ada yang berbentuk bunga sakura, bercorak daun-daun musim gugur, sampai ada juga naruko yang bergambar tokoh anime favorit kita! Bentuk dan corak naruko biasanya tergantung dengan tema dari kostum atau keseluruhan penampilan.

Seperti bentuk naruko, kostum dan gerakan-gerakan pada tarian yosakoi juga bermacam-macam tergantung dengan tema yang akan ditampilkan.

"Tarian yosakoi mempunyai gerakan tangan dan kaki yang dinamis juga dengan kostum unik tiap penarinya."

Saya sudah menonton beberapa tarian yosakoi yang ada di YouTube dan memang benar, sangat indah. Walaupun banyak sekali tema-tema tarian yosakoi yang diusung, tiap tema memiliki keunikannya masing-masing, mau dari kostum, lagu, atau gerakannya.
Saya jadi ingin melihat penampilan yosakoi secara langsung, nih. Hehe
Ayo, kita lihat lagi tarian-tarian yosakoi yang indah dan keren lainnya!
Minna-san! O tanoshimi!

Penari Yosakoi di Festival Yosakoi tahun 2008 di Harajuku, Jepang.
Penari Yosakoi di Festival Yosakoi tahun 2006 di Harajuku, Jepang.

1 comment:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete