Saturday, August 30, 2014

"WORKING!!" dan Arubaito atau Part-Time

Source : zerochan.net
"Working!!"
Sebuah anime yang menceritakan perjuangan seorang anak laki-laki bernama Souta Takanashi dalam melewati kesehariannya di sebuah restoran keluarga di mana ia bekerja. Wagnaria, nama dari restoran tersebut. Awalnya Souta tidak mau bekerja di mana pun, sampai Popura Taneshima, seorang gadis loli, memintanya untuk bekerja sampingan di Wagnaria karena kekurangan pekerja. Tertolong dengan kesukaan Souta terhadap hal-hal yang bersifat kecil dan kebetulan saja Popura memiliki tubuh yang kecil (walaupun sebenarnya Popura adalah kakak kelas dari Souta di sekolah yang sama) membuat Souta menerima pekerjaan tersebut, demi bisa mengelus senpai-nya yang kecil itu.
Setelah masuk dan mulai bekerja di Wagnaria, Souta mulai menyadari bahwa dia dikelilingi oleh orang-orang yang aneh.
Dimulai dari Mahiru Inami yang mempersulit pekerjaan Souta karena dia seorang penderita phobia terhadap laki-laki atau disebut  androphobia. Setiap Souta dan Inami bertemu secara tidak sengaja, secara refleks, Inami akan mendaratkan pukulan yang sangat keras di muka Souta.
Lalu ada Kyouko Shirafuji, manager dari Wagnaria. Dia bertugas untuk memantau jalannya dan kinerja pekerja Wagnaria. Itu lah yang seharusnya dia lakukan, sayangnya itu tidak pernah terjadi. Sikapnya yang cuek membuat dia tidak ingin susah untuk bekerja. Satu-satunya "pekerjaan" Kyouko adalah "mengontrol" pasokan bahan makanan di Wagnaria, dengan cara memakannya. Sering terlihat dia menyuruh Yachiyo untuk membuatkan parfait untuknya, menggunakan bahan dari Wagnaria, tanpa khawatir menggantikannya.
Berikutnya, Yachiyo Todoroki atau biasa dipanggil chief oleh pekerja lainnya. Yachiyo selalu membawa katana di pinggangnya dan tidak peduli dengan ketakutan orang-orang di sekitarnya, seperti pelanggan atau Souta ketika ia baru pertama kali bertemu dengan chief. Yachiyo sangat menghormati Kyouko, apa yang Kyouko minta, akan segera ia laksanakan dan apabila ada orang yang memberi Kyouko makanan atau terlihat akan mengambil Kyouko dari dirinya, menghunuskan katananya lah yang akan ia lakukan begitu melihat hal tersebut. Otoo biasanya yang menjadi sasaran katana Yachiyo.
Masih banyak lagi karakter dari anime "Working!!" yang memiliki sifat yang unik. Seperti : Jun Satou, koki dari Wagnaria yang berwajah yankee tapi berhati baik dan memiliki hobi menjahili Popura. Hiroomi Souma, si tukang gossip yang memiliki kemampuan untuk mengetahui semua aib-aib dari seluruh pekerja Wagnaria dan memanfaatkannya untuk kepentingan dirinya sendiri. Aoi Yamada, perempuan misterius yang dibawa Otoo ke Wagnaria dan seorang troublemaker yang selalu mengganggu pekerjaan orang lain.
Dan masih ada beberapa lagi karakter unik yang ada dalam anime ini, tapi untuk tahu siapa mereka dan seperti apa mereka, tonton animenya ya! "Working!!" sudah ada season keduanya, yaitu "Working'!!" dan sudah ada juga pengumuman untuk season ketiganya.

Nah, sekarang saya mau menarik sebuah tema lagi dari anime ini, yaitu arubaito atau part-time yang artinya pekerjaan sampingan.
Arubaito biasanya dilakukan oleh-oleh mereka yang membutuhkan uang tambahan, dimulai dari anak-anak dengan umur sekitar 16 tahun sampai mereka yang sudah mempunyai pekerjaan utama sekali pun. Para peminat arubaito biasanya bekerja hanya dalam jangka waktu yang tidak lama, seperti selama masa-masa kuliah bagi para mahasiswa.
Hasil yang didapat dari arubaito pasti lebih sedikit daripada pekerjaan tetap, bayaran yang didapat juga berbeda-beda. Jika pekerjaan yang dilakukan tidak membutuhkan keahlian khusus, seperti bekerja di pabrik, biaanya bayarannya akan murah. Berbeda halnya apabila pekerjaan tersebut membutuhkan keahlian khusus, seperti translator, bayarannya pasti akan jauh lebih mahal. Semakin sulit sebuah pekerjaan, semakin bagus hasil yang akan didapat. Dan ingat, para pekerja arubaito dibayar per-jam dan biasanya bagi orang yang masih menempuh masa pendidikan, total waktu mereka per-minggunya dibatas, seperti maksimal bekerja 28 jam/minggu.
Beberapa dari arubaito juga memberikan beberapa syarat, seperti syarat umur, pengalaman pekerjaan, pengalaman pendidikan, dan waktu kosong pelamar pekerjaan. Untuk "pekerjaan malam", seperti bartender, biasanya khusus untuk mereka yang 18 tahun keatas. Dalam melakukan arubaito, waktu kosong kita lah yang harus mengikuti jadwal pekerjaan, bukan pekerjaannya yang harus mencocokkan waktu dengan kita.
Walaupun hanya sebuah pekerjaan sampingan, bukan berarti bisa kita sepelekan begitu saja. Kedisplinan tetap harus dijaga demi menjaga karisma kita, jika sampai yang memperkerjakan kita kecewa sedikit saja, bisa-bisa kalian dipecat.
Untuk melamar arubaito tidak lah sesulit melamar pekerjaan tetap. Kita bisa mendapatkan informasi tentang arubaito dari majalah, koran, atau mungkin iklan langsung di tempat bekerja itu sendiri. Untuk tata cara penerimaan pekerja, masing-masing penyedia arubaito memiliki caranya sendiri-sendiri, bisa dengan cara wawancara, hanya dengan mengisi form, sampai tes lapangan secara langsung. Bagi para pelajar asing, biasanya sekolah atau universitas yang mereka masuki akan membantu mereka dalam mendapatkan arubaito yang cocok dengan mereka. Tidak terlalu jauh, tidak menyita banyak hal.
Oh iya, bagi kita yang berasal dari luar Jepang atau orang asing, untuk bisa melamar arubaito, kita harus memiliki surat izin bekerja dari kantor imigrasi. Untuk mendapatkan surat izin bekerja, ada beberapa hal yang dibutuhkan, yaitu : Formulir pendaftaran surat izin bekerja, passport, semacam KTP orang asing. Untuk lengkapnya, kalian juga bisa membaca informasi tambahan mengenai bayaran, tata cara yang lebih jelas, dan cara untuk mendapatkan surat izin bekerja di sini.

Sekarang, bagi kalian yang akan belajar atau akan bekerja di Jepang, arubaito adalah salah satu sarana untuk membantu kalian hidup di sana. Dan kalian juga harus bisa mengatur uang yang kalian punya, jangan sampai kalian kehabisan uang ketika kalian membutuhkannya, ketika kalian menerima bayaran kalian, usahakan untuk sisihkan beberapa untuk tabungan.
Sekian dulu postingan kali ini. Semoga bermanfaat!
Terus pantengin "Beyond the Sakura Tree" ya, kawan-kawan? :)

Arigatou gozaimasu! Matta nee~

No comments:

Post a Comment